Yuuk kita membuat mie yang berbahan dari sayur….

Kali ini kita buat berbahan dari daun bayem merah yang  tentunya kita sudah tahu manfaat  dari bayem sebagai sayuran dalam menu makan kita dan kali ini kita coba sebagai bahwan pewarna mie yang tentunya sangat alami bukan sebagai pewarna berbahan kimia.

Bayam Merah

Daun Bayem  Merah 2 ikat untuk bahan mie ½ kilo tepung yang di Blender agar  menghasilkan  sarinya  200cc saja lalu tempatkan dalam gelas ukur jangan lupa garam dan formula di aduk dalam gelas ukur.

Bayam merah yang di belender.

Setelah itu siapkan tepung terigu ½ kilo tempatkan dalam wadah baskom plastik, aduk tepung agar menjadi adonan. Jangan keliru cara mengaduk adonan dengan menyiram cairan sari bayem tadi dengan sedikit-sedikit sambil di aduk sampai merata dan kental.

Adonan tepung

Lalu ambil kain serbet yang bersih basahkan dan tutup adonan tadi untuk proses permentasi menjadi kenyal.

Setelah menjadi adonan kita lanjutkan ke mesin penggiling untuk di bentuk seperti selendang, lakukan sampai ketipisan ½ mili.

 

Adonan di giling mesin mie

Jika sudah ketipisan adonan sudah cukup , kita bentuk menjadi mie. Lihat gambar.

 

Adonan setelah di bentuk selendang di proses menjadi mie

Ditempatkan di wadah hasil mie yang sudah kita buat tadi, silahkan di diporsikan menurut selera  dengan cara di timbang yang beratnya bisa 80gr sampai 100gr.

 

Mie yang sudah jadi, siap di masak.

Selamat mencoba…

Untuk mengikuti Pelatihan bisa menghubungi kami dan lihat jadwal pelatihannya di blog kami http://www.miesehati.worspress.com