Membangun Usaha dari Nol

Banyak orang yang tak mau berwirausaha karena merasa tak memiliki modal. Namun, ada pula yang memiliki modal, juga takut berwirausaha karena khawatir gagal. Padahal, usaha tak melulu membutuhkan uang sebab banyak pula pengusaha sukses yang memulai dari nol. Bill Gates membangun Microsoft dari garasi rumahnya. Mark Zuckerberg juga membangun Facebook dari kamar kecil tempatnya tinggal. Henry John Heinz setelah kebangkrutan usahanya, memulai usaha dengan menjual saus tomat dan akhirnya justru mendunia dengan Heinz Food-nya.

Melihat contoh nyata usaha sukses dari nol tersebut, tentu kita juga bisa mengikuti jejak mereka. Bagaimana caranya? Simak beberapa tips berikut:

  • Mulailah dari apa yang kita suka. Jika belum memiliki modal banyak, cobalah jadikan hobi sebagai “modal” memulai usaha.
  • Mulailah dari apa yang kita bisa. Modal tak melulu berupa uang. Keterampilan kita bisa menjadi langkah awal memulai usaha. Apalagi dengan ekstra ketekunan, apa yang kita bisa, dapat diubah menjadi sebuah usaha yang luar biasa.
  • Kembangkan hubungan baik, kepercayaan serta kejujuran karena ini merupakan modal utama berwirausaha.
  • Rajin-rajinlah menawarkan jasa atau produk kita. Jangan pernah malu menjadi ”sales” karena ini memang tahap awal yang dialami setiap pengusaha sukses.
  • Bergabunglah dengan komunitas pengusaha. Selain dapat bertukar pengalaman, kita bisa mendapatkan banyak relasi bahkan bantuan modal usaha untuk mengembangkan usaha kita.
  • Jangan malu untuk bertanya. Sering-seringlah bertanya dan berdiskusi dengan rekan-rekan atau langsung dengan pakarnya.
  • Siapkan mental dan jaga semangat. Jangan pernah berputus asa terhadap apa yang sudah dimulai dan berani menerima setiap kritik.
  • Kreatif. Carilah hal-hal yang bisa kita kembangkan dari usaha awal. Jangan lupa, pandai-pandailah melihat ceruk pasar untuk mengetahui potensi pengembangan usaha.

Selamat memulai usaha ! Semoga berhasil ! 

sumber tulisan http://www.sampoernafoundation.org/News/membangun-usaha-dari-nol.html