Ada apa dengan pinggir kali malang ?

Beberapa tulisan dari temen-temen di milist Cikbar :

From: Sudirja, Oboy <Oboy.Sudirja@ Mattel.com>
Subject: RE: [CikarangBaru] Re: Pembongkaran Warung
To: CikarangBaru@ yahoogroups. com
Date: Thursday, 11 February, 2010, 1:40 PM
Baik Pak

Saya akan coba dari awal dulu 

Sebelum tahun 1994 kalimalang memang masih sangat sepi, jalan tidak bedanya dengan jalan kerbau malah kalau kita mau tanamin padi kaya bisa. 
Saat itu kalau pulang kerja apalagi pulang malam antara jam 22 kesana tidak berani menyalakan lampu kendaraan ( Motor ) karena takut,  saat itu masih sedang rawan2nya perampok kalau orang sini bilangnya begal,   terbayang gak sih naik motor jalan rusak gelap tanpa lampu ? 
Ada kejadian  sekitar awal 1994 di kmp pasir konci jalan kali malang sebelah selatan dekat makam,  motor pertama kalau gak salah tukang ojek dibegal tidak berapa lama motor berikutnya lewat dan dibegal juga jadi dalam semalam 2 motor dilokasi yang sama. 
Pertengahan 1994 mulai ada yang buat gubuk antara kmp Bangkuang  dan Pasir Konci saat itu masih digunakan untuk para petani yang bercocok tanam dipinggir kalai malang, sejak itu bermunculan buat bangunan malah sudah ada yang buka warung makanan  gorengan, roti, dan minuman ringan es atau teh botol. 
Perkembangan sangat pesat di 1995 berubah pungsi sudah mulai ada kupu-kupu malam ( atau apalah sebutanya ), Dari pemikiran Saya disatu sisi boleh disebut senang karena kalau pulang malam tidak perlu matikan lampu motor , tapi disisi lain sangat prihatin namun apalah daya Saya tidak punya kekuatan walaupun untuk sekedar ngomong. 
Saya lupa apakah ahir 1996 atau awal 1997 pemda bekasi ada peletakan batu pertama oleh Gubernur Jawa barat, dan kali malang yang sebelah selatan jalanya ada pengaspalan, sehingga makin ramilah penghuni kalimalang tersebut. 
Dan ahirnya 1997 dari Pront Pembela Islam melakukan aksi yaitu merazia ( melakukan pembakaran warung ) mulai dari Tegal gede sampai ke perbatasan Karawang. 
Tapi sepertinya memang tidak banyak berpengaruh terbukti dengan waktu yang tidak begitu lama sudah berdiri lagi warung2 tersebut. 
Saya memang asli penduduk daerah  tentunya saya kenal mana penduduk asli atau bukan, dan setiap Saya lewat warung2 tersebut nyaris sebagian besar Saya tidak kenal dengan penghuninya. 
Nah dari 1997 sampai saat ini memang warung tersebut sangat tumbuh subur. 
Demikian barang kali yang dapat saya sampaikan semoga jadi bahan pengetahuan sejarah warung kali malang, kalau memang ada salah alur cerita mohon dimaafkan. 
Semoga rekan2 mils bisa mengartikan dan jadi tahu apakah yang sebenarnya yang dijual disana.????? ??? 
Wassalam
Pribumi yang tidak punya daya
Salam, Rekan di Cikarang

Setiap hari saya pulang pergi dari kantor RZI Cikarang di Jababeka ke rumah di grand wisata… tentunya saya pakai roda 2 motor, selain bisa nyelinap nyelenip.. pastinya lebih cepat nyampe dari pada pakai mobil naik Tol yg tetap macet juga jk pas waktunya pulang kerja. Kondisi Cikarang yang yg macet, dipagi.. siang…. sampei sore menjelang magrib, membuat saya berpikir.. kira kira beberapa tahun ke depan bagaimana ? so pastinya mungkin seperti jakarta kali.. Macet.. & macet dimana mana ?
Jalan kalimalang tentunya pilihan tepat utk jalur pulang, walau saya pikir tepat apanya ?.. Bolong-bolong, mobil-mobil besar, para pengedara yg belum solider sebagai pengguna jalan (pingin nyampe rumah kali.. jd ya ngebut dan peraturan lantas di nomor duakan…boo & tentunya macet dan macet lg. saya coba menikmati suasana perjalanan tersebut, TP Ya Ttp perlu perjuangan EKSTRA UNTUK SABAR..   Bahkan beberapa kali dalam bulan januari dan februari ini saya tertegun akan banyaknya kecelakaan yg saya lihat.. terutama pada pengendara motor, terjerembak lubang.., keserempet motor lain, kesenggol mobil .. wahh. pokoknya bikin merinding.. apa lagi tentunya sepanjang jalur jalan kali malang… selain Bolong Berlubang… tentunya tidak ada LAMPU Penerang yg NYALA, alias Gelap bin Gulita.. wah pokoknya harus ekstra hati-hati jk pulang lewat kali malang ba’da magrib…..wihhhhhh . kata pengendara yg saya tanya ” Mas sejak kapan keadaan ini kaya begini ? beliau menjawab ” Ga Tau Mas… SUDAH LAMA dan Ga TAU Kapan di Benerinnya ?….. weleh…weleh
Mungkin anda juga pernah mengalaminya, …. ada satu pertanyaan ” BAGAIMANA SOLUSI DAN KESIAPA MENGADUKAN HAL INI “?
Kinds Regard By Wawan Carwan – RZI Cikarang